Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang 
seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan 
bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui 
pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal 
dari budaya yang berbeda.
Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara
 yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan 
perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan 
multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization 
(WTO).
Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media 
massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah 
raga internasional). saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami 
gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka 
ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
Kennedy
 dan Cohen menyimpulkan bahwa transformasi ini telah membawa kita pada 
globalisme, sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia adalah satu.
 Giddens menegaskan bahwa kebanyakan dari kita sadar bahwa sebenarnya 
diri kita turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang harus berubah tanpa
 terkendali yang ditandai dengan selera dan rasa ketertarikan akan hal 
sama, perubahan dan ketidakpastian, serta kenyataan yang mungkin 
terjadi. Sejalan dengan itu, Peter Drucker menyebutkan globalisasi 
sebagai zaman transformasi sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar